Pengalaman Mistis Yang Tak Terlupakan PART24

Aku disebut sebagai eksekutor padahal bukan aku..


Lambat laun,Pak Andre mengetahuinya.Entah dari siapa.Yang jelas bukan aku.Walaupun aku tau tapi aku ga ada hati untuk memutuskan rejeki seseorang.Tapi buat aku pribadi kejujuran itu berharga sekali dan aku tidak setuju dengan apa yang dilakukan Endang.Namun aku punya cara sendiri untuk memberitahunya,niatnya si bgitu tapi Pak Andre keburu gercep karena mgk laporan dari sana sini yang membuat beliau harus segera ambil keputusan.Bagaimanapun setiap perusahaan punya kebijakan sendiri toh..

Hari itu aku tengah asik mengobrol dengan kepala toko di apotik aku.Tiba2 Pak Andre datang.Aku heran karena tidak ada pemberitahuan sama sekali.Pak Andre mengirim pesan WA untuk menemui dia terlebih dahulu di mobilnya.Akupun ijin kepada ibu kepala toko keluar sebentar.Beliaupun mengijinkan.

Aku menghampiri Pak Andre di parkiran."Wah tumben Pak,sidak nih?ko ga ada kabar apapun mau ke Bandung?".tanyaku heran."Lu ada waktu ga,Moe..gw ada perlu nih..."katanya sok2 misterius."Ya akukan masih jam kerja,paling bapak nunggu sampe jam pulang nanti".Lalu Pak Andre keluar dari mobilnya dan mengambil jas dan memakainya."Urgent ini,Moe..gw mau ijinlah sama Ibu.Adakan orangnya?"tanyanya sambil masuk ke dalam toko.Aku hanya mengangkat tangan.Karena aku sdh byk dikomplen."Moe,kamu itu SPG kenapa sok sibuk banget kirim barang2 segala,leader kamu kemana?"tanya ibu beberapa waktu yang lalu.Aku hanya bilang kalo leader aku banyak kerjaan dan ga ada kendaraan kebetulan yang punya kendaraan itu aku doang.

Kulihat Pak Andre sedang bernegosiasi dengan kepala toko.Cukup lama akhirnya beliau mengijinkan."Hari ini aja ya,Moe..kasian aku sama dia pak..gaji SPG ko kerjaan kesana kemari..malah jarang dioutlet..minta tambahan gajilah Moe..."kata ibu serius menatap Pak Andre.Hahaha bisa itu teh?tanyaku dalam hati.

Akhirnya akupun berkemas.Aku menuju parkiran motorku."Mau kemana lu,naik mobil gw aja..."kata Pak Andre."Loh ntr motor aku gimana,Pak?".tanyaku heran."Gampang,ntr gw anter ke sini lagi klo udah beres...urusannya.."katanya.Aku si nurut aja,namanya juga bos.

Diperjalanan aku bertanya mau kemana tujuan hari itu.Dia bilang muter2 Bandung aja.Obrolan kita dari tentang rumah aku yang mau dijual,lalu bertanya tentang Mba riza yang ikut ngekos dirumah aku,tentang keluarga aku,dan akhirnya tentang Endang.Aku hanya menjawab sesuai dengan kapasitas aku.Tidak lebih dan tidak kurang bahkan aku mencoba menutupi apa yang sbrnya terjadi.

"Udahlah,Moe..lu jujur sama gw.Anggap gw bukan bos lu..kita ini teman,Moe..lu jangan nutup2in dari sesuatu yang seharusnya gw tau."Aku mencoba pura2 tak mengerti."Apa atuh,Pak..ini tu kemana arah pembicaraannya si sebenarnya?"tanyaku males tebak2an."Moe,gw tau..kalo Endang tu kerjaannya ga beres..."katanya.Aku penasaran Pak Andre tau dari siapa."Kata siapa,Pak..?sebutin nama aja kalo emg mau jujur2an mah..."tantang aku."Yah ada lah..anak2 yang sempet join sama kita tapi akhirnya keluar...mereka bilang ga dapet uang gaji sepeserpun..padahal kantor ngasih lo,Moe..kerja dua minggu juga orang pusat gaji...".Aku mulai mengingat nama2 SPG yang cmn kerja seminggu dua minggu karena ga betah katanya."Siapa,Pak?Mia...Lisa..atau siapa..?"tanyaku."Yah kayak,Mia..dia adalah laporan sama gw.Belum sama Eva..diakan dah resign lama tanpa gw tau..gw taunya Si Eva masih kerja..karena masih ada laporan absensi juga laporan penjualan dia ke kantor.Emang lu ga pernah tau?ga pernah cek?kan lu yg kirim laporan,Moe...".Wah aku justru baru tau,pikirku."Akukan cmn ngirim,Pak ga cek daleman laporan yang diamplop sama absensi gimana seperti apa...jd mana aku tau,Pak..".

"Iya,Moe..Endang manipulasi data padahal tu gaji ditransfer ke nomer rekening dia dengan alasan mereka belum punya tabungan di bank yang kerja sama dengan perusahaan.Bayangin ko bisa tu kecolongan...".Ya ampun aku ga tau masalah itu sebenarnya."Bapak udah crosscek jangan sampe jadi fitnah lo..."kataku mencoba objektif."Yaelah..lu berapa kali sih gw mesti ngomong..gw udah punya bukti,Moe.."

"Gw tau banyak barang2 jual yang minus di beberapa outlet.Waktu stok2an global dr pusat gw tau..dia sibuk kesana kemari pinjem barang dari sana sini..buat ngeklopin barang minus.Dipikir gw bego apa?"kulihat Pak Andre kesal."Gw butuh lu sebagai eksekutor,Moe karena lukan paling deket sama dia..".What??aku jelas menolaknya."Ga bisa gitu dong,Pak..aku ga punya bukti apapun,sumbernya siapa juga bapak ga ngasih tau.Siapa yang jadi jaminannya,Pak?yang ada aku dianggap yang laporin semuanya..nama aku nanti jadi jelek padahal aku aja baru tau dari bapak soal manipulasi data absensi SPG dan penjualan..ngga deh,Pak..cari aja eksekutor lainnya.Jangan aku..."

Aku mulai menjauh memandangi jalan disampingku."Plis,Moe bantu dong..jangan sampe hanya karena satu orang ..perusahaan rugi besar...kamu bisa bayangin kan..dengan kamu mau bantu bisa nolong byk orang..aku janji aku ga akan bilang info ini dari kamu..aku cmn butuh jawaban yang aku sampein tadi benar adanya..".Aku ga menggubrisnya.Aku tersinggung."Ga mau,Pak..itu bukan sifat aku..bapak cari yang lain..bapak bilang butuh eksekutor biar Endang percaya informasinya valid..tp tadi bapak bilang ga akan sebut nama aku..mana yang bener atuh,Pak?"tanyaku kesal.

"Gini aja deh..dua hari lagi nanti ada dua orang stockist datang kermh lu..nginep disana untuk audit.Gw si ga akan bilang sama Endang ini keputusan final apakah dia berlanjut atau ngga.Gw punya planning lu sama Mas Eko,gw bikin sibuk untuk stock2an di Bandung Timur.Gw bakalan nyuruh Mba Poppy audit jakarta satunya lagi untuk stock2an di area Bandung Barat bareng Endang.Gw bakalan kumpulin semua SPG di rmh lu..biar Endang ga curiga...gimana?bantu gw ya,Moe..."katanya lagi memaksa sehingga tidak perlu jawaban aku.

Tak terlintas dalam benakku ketika hari itu tiba akan seperti apa.Setelah bertemu Pak Andre aku masih berkunjung ke kontrakan Endang.Aku lihat Endang sedang merokok dengan banyak laporan didepannya.Pemandangan yang biasa aku lihat jadi aku tak heran.Aku hanya menitipkan sedikit uang untuk beli susu si bungsu.Lalu aku pergi ke tempat kerja.Tak banyak yang aku tanyakan.Aku hanya bingung apakah nanti yang akan terjadi?