Pengalaman Mistis Yang Tak Terlupakan PART20

Waktu ku lalui dengan sangat berat


Apa yang bukan milik kita,pastinya bukan rejeki kita juga.Begitu juga dengan apa yang aku punya.Allah bisa mengambilnya dalam sekejap mata.Rian mendatangiku dan meminta maaf kalau hari itu dia membutuhkan motor yang dipinjamkannya padaku.Aku tak bisa menolaknya.Justru aku hutang budi padanya.Tak apalah.Masih ada angkot yang bisa mengantarkan aku kemanapun aku pergi.

Lalu akupun mulai mencari kosan baru lagi agar lebih dekat ke tempat kerjaku.Aku mendapatkannya di jalan Garunggang.Dari sana aku bisa jalan kaki seandainya sdh tidak cukup uang di dompetku.Aku terbiasa hidup susah.Aku belajar banyak dari kehidupan beberapa fase ke belakang.Allah takkan memberikan cobaan diluar kemampuan manusia.Aku mampu.Aku pasti bisa.

Sebenarnya cukup mahal biaya sewa sekitaran Pasteur-Pasirkaliki tapi tak apalah.Angkotpun banyak tak hanya satu dua saja yang bisa aku naiki.Cukup bersyukur masih dipermudah Allah aku menjalaninya.Walaupun sempit tapi akses kemana2 mudah.Juga ga serem tempatnya.Aku pindahan menggunakan Grab Car.Karena barang bawaanku sedikit.Walopun sendiri tapi aku sdh terbiasa.

Kamar ini hanya 3 yang kosong.Aku memilih yang paling pinggir dari akses pagar masuk ke kosan.Paling penting juga adalah aku mempunyai jendela agar tidak terlalu pengap dan terang.Aku parno dengan tempat lembab dan gelap.Apalagi ruang sempit atau ruang terlalu besar.Kamarku kini cukup untuk ku tempati.Ditambah kamar mandi didalam membuat aku leluasa kalo tengah malam ingin buang air kecil atau besar.Apalagi kalo solat malam,karena aku menjd penakut.

Dulu waktu masih tinggal sama Ibu di Bandung pulang jam 2 malampun aku berani.Ditinggal Ibu beberapa bulan krn pulang kampung aku cuek2 aja.Bisa masak makanan kesukaanku jam 2 pagi atau nonton pilem horor sendirian.Sekarang?dengerin Nightmaresaid aja ogah.Liat gambar susana di status WA teman aja langsung skip.Nooooo.Karena aku sdh melihat aslinya

Setiap pagi kalo lagi semangat aku jalan kaki ke tempat kerjaku.Udara pagi dan hangatnya sinar mentari membuat aku merasa masih layak hidup dan bersyukur.Kalo lagi males ya naik angkot 😁.

Oh ya hari itu aku sudah punya janji mau ngemake-up salah seorang temanku untuk lomba face painting.Aku bisa.Walopun bukan ahlinya.Jadi tambah semangat.Aku tiba lebih awal.Dengan riang aku masuk ke dalam toko dan bertemu dengan temanku itu."Hai,Moe..maaf ya ngerepotin..emmm..ini aki udah siapin semua alat2nya..kita mulai sekarang yah?".kata Tari temanku itu."Iya siap teh..mau disini atau dimana di make-upin nya?"aku balik bertanya."Disini aja gpp ko...".

Konter Teh tari jauh dari waktu kejadian aku kesurupan.Itu sdh hampir sebulan yang lalu yah.Akupun asik menyiapkan segala sesuatunya.Ketika sedang melukis wajahnya teman2 yang lain mulai mengerubungiku."Wah..Imoe dibayar berapa sama Tari ni...awas kalo menang minta jatah,Moe...".Aku hanya senyum,aku melukis biasa saja.Ga kepikiran bagus atau ngga.Karena sblmnya aku bilang sama Teh Tari sebisa aku aja.Teh Taripun ga ambil pusing karena itu cmn formalitas dr perusahaannya.

Teh tari punya seorang partner lawan shift namanya Anggi.Diapun didandani oleh teh Nita.Kalo dibandingin aku si Teh Nita jagonya."Aku mau yang baguuuuus banget ya Ta,jangan kalah sama imoe...".seru Teh Anggi sambil tertawa."Siap...tapi kayaknya Teh imoe lebih jago nih...".balas Teh Nita.

Hasan juga ikut nimbrung,lelaki yang menginterogasi makhluk yang minta bunga mawar merah kmrn itu."Temanya kupu kupu ya atau bebas..ko Tari kupu-kupu..sedangkan Anggi mah halloween?"tanyanya."Bebas,San..yang penting menang..."jawab Teh Anggi."Eh,Tari...sekalian aja nanti ada bunga di wajahnya..jadikan full..judulnya kupu-kupu di taman bunga.."ujar salah satu teman yang lain.Aku mulai merasa jengah.Kenapa sepertinya mereka meledek Teh Tari terus."Bagus ya..kayak anak SD itu gambarnya..kalo aku disuruh face painting aku mau gambar sawah aja terus gunung ada dua tengah2nya matahari..."sambung yang lain."Oh iya..kayak gambar waktu SD ya..itu aja dapet nilainya 8 apalagi ini..".

Aku menatap wajah Teh Tari.Ada kekesalan dimatanya.Ada rasa sakit hati.Aku mulai bertanya.Dengan nada bicara yang pelan sekali."Teteh baik2 ajakan?"tanyaku.Karena aku melihat dia menahan air mata.Apakah ini sebenarnya sebuah ledekan buat dia?."Iya Moe..i'm okay..udah terusin aja...".Apakah aku yang baperan atau mereka yang ga peka ya?karena memang jauh2 sebelumnya aku perhatiin teh Tari seperti yang dijauhi.Mereka menganggap teh Tari ga ada.

Kalo jam istirahat dia selalu sendiri.Kalo yang lain nimbrung asik ghibahin orang dia hanya berdiri mematung.Kalo yang lain arisan dia ga diajakin.Kalo yang lain dikasih makanan dia sendirian yang tak bergeming.Ada apakah?Aku pernah beberapa kli istirahat bareng teh Tari.Ya..memang cukup membosankan.Tapi bukankah setiap org itu berbeda tidak selalu semuanya bisa seperti mau kita?

"Tari...baguuus banget...Anggiii liat tu Tari dah beres bagus lagi..ko kamu ga beres2 si...?"ledek yang satu lagi."Tenang...juara mah belakangan beresnya..yang dandanin akukan dah master banget..percayalah sama Nita mah..".Kupingku mulai panas.Aku merasakan tiba2 ada yang menjalar ditenggorokanku.Seperti ingin mengeluarkan sumpah serapah.Tapi aku tahan.Aku menjatuhkan brush make-up ku.Aku memegang tenggorokanku."Moe,kenapa?...."tanya Teh Tari tiba2.Tanganku mulai dingin.Mataku mulai berair."Engga teh...engga apa2..".Tapi kenyataannya aku mulai pusing seperti orang abis mabok 10 botol bir.Semuanya mulai khawatir.Mereka memanggil teman2 yang ada dideket konterku."Imoe kayaknya jadi...."

"Lawan,Moe..jangan teriak..lawan..."kata salah satu teman konterku,Novi.Aku tak kuasa.Aku menahannya sampai mataku memerah.Air mataku terus bercucuran."Istigfar,Moe..."kata Novi lagi.Kulihat dia menangis juga.Kulihat teh Nita memegang tanganku sambil berdoa."Kmu kenapa nangis Novi?"tanyanya."Kasian aku setiap liat dia...".Teh Nita mengusap wajahku.Ada sesuatu ditenggorokanku.Aku ingin muntah."Ayo keluarin,Moe..."teh Nita semakin semangat membacakan doa2 itu ditelingaku.Yah sesuatu itu hampir keluar.Bukan makanan yang sdh aku makan.Bukan.Aku berusaha berdoa lagi dengan sungguh2 agar keluar.Jin itu.Tapi tiba2 lenyap.Hilang.Aku sdh tidak merasakan apa2 lagi."Gimana,Moe...masih mau muntah?"tanya teh Nita lagi."Hilang teh,hilang bgitu aja teh..ga tau kemana perginya.."kataku.Teh Nita menggeram."Sialan!!!!setan!!!"katanya lagi geram."Moe kamu berobat atuh jangan dibiarin..kasian kmu kalo kayak gini terus ga akan kuat.Badan kamu tambah kurus.Nanti kerjaan kamu jadi terganggu."kata Teh Nita lagi."Aku dah cape teh...."jawabku lemas.Kulihat Teh Tari mengelap air mataku."Maaf ya teh make-upnya ga bs diterusin..."kataku merasa bersalah."Gpp,Moe..udah beres ko...makasi ya..ntr istirahat bareng aku ya....".Aku hanya mengangguk lemas.

Akupun mulai beranjak untuk kembali ke konterku.Tiba-tiba Novi memegang tanganku."Moe,mau kamu berobat sama guru spiritual aku?"tanyanya.Sambil bisik2."Dimana teh?aku skr ga py motor...kalo jauh banget aku nunggu gajian aja teh..skr aku ga pegang uang banyak".Novi hanya merangkulku sambil berjalan menuju konter."Santay aja,Moe..nanti aku yang urus.Aku ga tega sumpah!!jahat yang bikin kamu kayak gini."katanya lagi.

Jam istirahatpun tiba.Teh Tari menghampiriku."Kita makan di warung nasi teteh dideket mesjid aja,mau ga?"tanyanya.Aku mengangguk."Ntr aku traktir ko..."katanya lagi."Umh..ga usah teh..jangan...aku bawa uang ko..."aku melarangnya."Kan imoe dah bantuin aku..gpp ya...maaf bukan krn kamu ga py uang..ini mah teteh pengen traktir aja".Aku menggeleng lagi."Ah jangan teh..seriusan..aku nolak bukan ga menghargai..tapi krn aku melakukannya karena ikhlas ko...".Teh tari hanya senyum saja.

Ditempat makan pun dibahas kejadian aku tadi.Kami tidak berdua ternyata,tapi dengan beberapa org lainnya termasuk Teh Nita."Moe,kamu tadi kepancing gara2 mereka ledekin kamu sama teh Tari ya?"tanya teh Nita akhirnya."Ya...gitu teh..aku ga suka..kayaknya mereka itu ngeledek mulu..eh aku mau tanya Teh Tari setiap hari disindir2 gitu?"tanyaku memalingkan wajah ke arah Teh Tari.Dia mengangguk"Udah biasa,moe..makanan sehari2..gpp ko..maklumin aja..mereka masih anak2 jd pemikirannya sebatas membully orang aja".Hah?apa2an.Aku ga suka.

"Aku yang dengernya aja gerah,Teh...mereka ga py perasaan apa..adakan cara yg lebih enak untuk mengutarakan pendapat..jaga perasaan orang lainlah..."gerutuku."Udah biarin aja..aku si ditelen mentah2 aja,moe..masuk kanan keluar kiri".Kulihat wajah teh Tari dengan seksama.Memang dia lebih mature dari mereka.Dewasa pemikirannya."Makanya,Moe..disini kamu harus banyak2 mengontrol emosi karena memang banyak manusia2 kayak bgitu...."lanjut teh Nita sembari memasukkan makanan kemulutnya.Aku hanya diam.Aku membulak balikkan sendok makanan berkali2."Moe?....kenapa?"kata teh Nita lagi."Iiih kamu...jangan maen2 atuh...seriusan kenapa lagi?"tanyanya sambil menggoyangkan badanku."Anu...itu..dibelakang teteh...."kataku dengan pandangan tak bergeming dari piring makananku.Lalu teh Nita menengok ke belakang yang kebetulan sebuah pintu.

Jadi warung nasi ini adanya di sebuah garasi rumah warga.Pak Haji Tjejep namanya.Dan ada pintu yang ternyata didlm sana ada beberapa kamar kontrakan.Jadi seperti sebuah gang.Jalan kecil.Aku selalu menutupnya kalau sedang terbuka.Akupun tidak pernah mau duduk dekat pintu itu.Entahlah.Aku merasakan ada yang lain.Bukan hanya kami disana.

Tiba2 Teh Nita membalikkan wajahnya dan bergumam "astagfirullah..dari tadi kamu liat ya,Moe?"tanyanya padaku."Aku ga bisa liat teh cuman dalam penglihatan aku ya bgitu wujudnya....".Yang lain sibuk berpindah tempat karena takut "Ada apa si...iiih aku jadi parno..".Teh Nita segera merapihkan meja makan diikuti yang lain.Kami langsung bayar dan ngacir."Ko pada kabur si...emg ada apaan...?"tanya Teh Nita balik bertanya keheranan melihat kami semua pergi mengikutinya."Yah pan kamu duluan yang bikin kita parno..ga mau ngomong lagi ada apa..."tanya salah satu dari mereka sambil berjalan balik ke toko."Ada pocong...ampul-ampulan iiiiih..."dan kamipun berteriak semua.