Pengalaman Mistis Yang Tak Terlupakan PART21

Mengenang jalan cisitu


Hapeku berbunyi sedari tadi.Dengan posisi masih tidur2an mager banget deh mengingat ini hari Minggu.

Chat 1
Novi
Mau dateng jam berapa beph..

Chat 2
Gita
ditunggu dirmh,perginya kita barengan..

Chat 3
Mama : ditelpon ko ga diangkat2..masih tidur?

Chat 4
Teh Nita : dateng ya teh Imoe🙏
dilampirkan share lokasi gedung pernikahan.

Yupz!!Teh Nita akhirnya hari ini menikah.Bertempat di salah satu Gedung dijln.Cisitu Lama.Mendengar nama jalan itu aku menjadi ingat kejadian awal2 aku melihat sosok aneh yang sepertinya aku belum sempat ceritakan disini.

Kejadian ini aku alami setelah aku pergi menemui Kang Dani di Dago.Masih ingatkan?Kondisi aku yang panik itu membuat aku teringat seorang guru spiritual temanku.Bukan Novi ya...karena aku blm mengenal Novi saat itu.Tapi Wulan yang dulu sering minta diantar ketemu bapak ini.Namanya panggil aja Pak Tatang.

Pertama kali bertemu saat itu Wulan bercerita soal apa ya,aku lupa.Yang aku ingat,aku hanya jd pendengar.Ketika mereka saling berbicara.Hingga akhirnya saat itu Bapak bertanya padaku."Ini siapa?ada maksud apa datang kesini...?"tanya pelan sekali."Oh ini Imoe,pak temen Ulan ditempat kerja.Sok,Moe mgk mau curhat sama bapak...".Aku bengong Curhat apa ya?karena saat itu hidupku tengah asik2nya."Ga ada ,Pak..aku cmn nganter Ulan aja ko..."jawabku.

"Coba ceritakan tentang kamu sendiri...".minta Pak Tatang.Ya..aku langsung nyerocos aja.Tentang keluarga ,tentang kerjaan,tentang pertemanan dan percintaan.Ahiw!!Ketika aku bercerita aku lihat Pak Tatang menggerak2an tangannya ke udara seperti menangkap sesuatu.Lalu dia memberikannya padaku.Benda itu sebesar beras warna silver tapi bukan besi,ringan,dalamnya tidak bolong full warna hitam.Aku hanya bertanya "ini apa,Pak?".Dia ga menjawab.Kalo ga jawab ngapain ngasih bginian,pikirku."Ini saya buang atau saya simpan,Pak?"tanyaku lagi."Terserah.Mau dibuang ya buang..mau disimpan ya disimpan...".Tambah bingung lagi deh!.Akhirnya aku buang ditengah jalan saat perjalanan pulang.Yah buat apa,ga ngerti juga.

Nah,disaat aku kalut aku ingat,Pak Tatang.Aku menghubunginya dan membuat janji.Pengen ketemu.Akhirnya Pak Tatang hanya ada waktu selasa malam saat itu sekitar jam 8an.Wah terlalu malam.Mengingat jalan cisitu lama kan serem.Tapikan aku pulang kerja jam 7an.Ah bisa!Mudah2an ga ujan juga.Maklum bulannya masih bulan penghujan.

Ternyata hujan deras.Aku memaksakan diriku sambil memakai jas hujan.Motor saat itu masih ada.Aku melajukan kendaraanku ke arah Balubur lalu ke Taman Sari.Melewati belakang Sabuga dan akhirnya belokan Cafe Halaman.Susana sudah sepi.Pohon2 karet tua yang sudah menjuntai menghiasi trotoar yang sejuk di pagi hari tapi garang malam hari.

Melewati patung gajah yang terbuat dari pohon2 rimbun,lalu ke atas melewati kantor kelurahan.Gelap sekali.Tapi aku terlanjur.Lalu masuk ke sebuah komplek.Berakhir diujung komplek banyak rumah warga biasa.Akupun berhenti disalah satu rumah sempit dan penuh parkiran motornya.Pak Tatang sebagian rumahnya dikontrakkan karena beliau hanya bekerja sebagai supir pribadi.Anaknya dua dan yang satu sdh menikah namun bercerai hingga tinggal bersamanya dengan dua anak.Yang satu lelaki.Masih bujang.Istrinya sdh almarhumah cukup lama.

Namun aku kecewa ketika aku datang Bapak masih blm pulang.Aku disuruh menunggu.Aku lihat sdh jam 9 malam.Terlalu malam pikirku.Nanti aku pulang bagaimana.Tapi sudah terlanjur mau gimana lagi.Akhirnya Pak Tatang datang.Bajunya basah kuyup hingga aku disuruh menunggu beliau mau mandi dulu dan ganti baju.Yah ..lagi2 aku melirik jam tanganku.Sial!!!

Tak berapa lama,beliau duduk diseberangku."Ada apa,Moe...udah lama banget ya kita ga bertemu.Padahal Ulan baru kmrn2 nih datang kesini.Bapak sedikit banyaknya denger tentang kejadian yang menimpa kamu ko..." Oh gitu,dalam hatiku."Iya pak,kedatangan aku kesini....pengen dibantu sama Bapak...soal..."akupun bercerita panjang kali lebar.Bapak hanya manggut2 dan memejamkan matanya.

"Jadi sebenarnya apa yang terjadi dengan saya Pak?"tanyaku sambil menangis."Ah ga ada apa2 ko Neng...tapi kalo mau sembuh Neng bisa bayar maharnya..ga sampe 700.000 ko..cmn 245.000 sesuai wedal Neng Imoe..".Uang?entah kenapa kalo aku mendengar seseorang yang bisa minta mahar aku langsung tak tertarik.Namun jauh dari itu semua ya karena aku ga pegang uang juga.

"Yah kalo neng Imoe mau..maharnya segitu..boleh dipikirin dulu..tapi kalo ga mau juga gpp...yang terjadi itu bukan apa2 ko..ga ada yg aneh sama kamu...".Saat bapak bicara itu,tiba2 burung2 dalam sangkar riuh seperti di rumah teh Luna dulu.Aku terdiam heran.Kukihat Bapak memandangi burung2 dlm sangkar tertutup itu.Lalu reflek aku menoleh ke arah belakang dan...aku melihat ada seseorang.Lelaki sepertinya...mukanya judes banget deh..rambut sedikit menutupi mukanya dengan baju lusuh warna abu2..Mata kami sempat bertemu dan yang aku tangkap dari matanya itu,dia berkata "Nanaonan maneh jauh2 kadieu?moal bisa maneh..."(ngapain jauh2 kemari?ga akan bisa kamu...*)

"Nah itu siapa Pak??"tanyaku.Hanya ingin membuktikan aku itu kenapa2 dan aku yakin bapak juga liat.Bapak hanya membaca doa2 lalu memejamkan mata lagi."Udah gpp..udah ilang ko.."katanya."Tukan..berarti bapak liat..bukan aku aja yg liat..berarti ini bukan halusinasikan pak..aku bukan gila kan pak..."tanyaku mulai menangis lagi."Diluar hujan besar,Imoe nginep aja ya disini..tidur sama teteh..pulang besok pagi...".

Aku melirik lagi jam tanganku,pukul 11 malam.Sudah terlalu malam.Tapi aku ingin pulang.Aku merasa ga bisa disini."Aku pulang aja Pak..."kataku bergegas."Makasi udah meluangkan waktu buat aku pak..Maaf kalo aku bikin keributan disini..aku pamit ya Pak..."aku mencium kedua tangannya dan beranjak turun kebawah.Kulihat Pak Tatang mengikutiku.Lalu membantu mengeluarkan motor."Neng..tenang...tarik nafas..jangan gurung gusuh..bisi picilakaeun...tenang ya..sok pulang bapak jaga dari sini...ati2 dijalan..lumayan udah malem..gelap...".Aku hanya mengangguk."Makasi pak..."

Benar saja!.Jalanan sepi.Aku sampai merem melek karena jarak pandang yg terganggu air hujan dimukaku.Hatiku ga enak jantung deg2an.Karena aku merasa ada yang mengikutiku."Omat Neng..jangan liat kebelakang..terus aja fokus jalanin motornya..."terngiang2 nasehat Pak Tatang td sebelum aku pergi.Alhamdulillah aku sdh berhasil keluar dan skr berada didepan Mc.D Tubagus Ismail.Lalu aku belokkan ke arah Dago bawah menuju flyover.Saat itu aku masih tinggal di Cijambe.

Lamunanku berakhir saat Gita menelponku."Teh dimana?ini udah siang looo..acaranya mau bubar...".Aku sdh dandan rapi.Sedari tadi.Tapi entah rasanya malas sekali.Akupun memesan Grab Car.Supirnya ganteng.Kayaknya masih kuliahan."Ke kondangan?"tanyanya memecah kebisuan antara kami berdua."Eh iya..ko tau...".tanyaku heran."Iya itu nama gedung waktu teman nikah dulu.."katanya.Teman atau dia sendiri kali ya."Ko siang banget?"tanyanya lagi."Iya males ga tau malesssss banget...".jawabku sekenanya."Baru bangun tidur kli..kalo dari pagi ga akan males.."katanya."Iya maybe..".Mungkin aku ketus karena jawaban aku membuat dia ga bertanya2 lagi.

Setelah melewati jalanan macet dan bayar grab yang lebih mahal akhirnya aku tiba.Benar saja sdh bubar rupanya.Masih tertinggal Gita dan 4 org temanku yang lain."Ya ampun...mata bintitan tuuu..nangis semalam apa...?"tanya mereka.Ah,masa si?aku menyempatkan mampir ke kaca spion disalah satu mobil yg terparkir."Iya juga..banyakan tidur kayanya.."jawabku."Aku ke dalam dulu ya...mau nyecep ke penganten..."mereka hanya mengiyakan saja.

"Haloo teh Nita selamat....maaf ya aku datangnya telat..biasa yang hajatan banyak..."sapaku sambil memeluk Teh Nita yang cantik luar biasa."Yah Teh Imoe dah ga kebagian apa2...mau makan dirumah aja?".Aku menolaknya.Gita sdh terlebih dahulu mengajakku kerumahnya.Katanya si anak2 mau minta diramal sama Mamanya Gita.Mereka lo bukan aku.