Pengalaman Mistis Yang Tak Terlupakan PART5


Akhirnya teh Rika mulai bercerita." Jadi gini Uwa,bulan kmrn ada yang meninggal.Almarhumah ini deket sama imoe.Nah dr semenjak itu imoe kayak gini."Paman hanya diam.Lalu dia berkata "Yang namanya orang sdh meninggal sebenernya ga akan balik lagi.Ini jin.Entah jin dr mana asalnya yang memang menggunakan moment ini.Tapi kita positif thinking aja besok imoe datangin salah satu keluarganya.Sampaikan.Walopun pasti ga akan menerima.Kalian juga bisa inisiatif adain pengajian untuk arwah yg gentayangan kayak gini.Sekarang imoe udah sehat ko.Udah ga ada apa2.Jangan melamun,perbanyak ibadah.Sok sekarang pulang.Istirahat.Tapi langsung pulang ya.Karena dia memang masih ada diluar".

Kamipun pamit.Aku dibonceng bertiga bersama teh Wawa dan suami.Tetapi sepanjang jalan pulang,aku merasa makhluk itu masih ada.Terus mengikutiku.Aku melihat kebelakang.Aku merasakan dia masih ada.

Keesokan harinya aku ga masuk kerja lagi.Badan lunglai seperti tidak ada isi dalam tubuhku."Sarapan moe,ngopi2 gitu jangan melamun."kata teh Wawa.Aku hanya mengangguk lemas.Karena sdh jam kerja aku terganggu,akhirnya aku memutuskan esok hari untuk kembali bekerja.Saat itulah aku bertemu dengan kerabat almarhumah.Dia jualan nasi kuning didepan tempat kerjaku.Aku meminta tolong teh Rini untuk mengajaknya bicara antara kita saja.Akhirnya kami setuju kalau sesdh habis dagangannya kami bertemu di warung kopi kemarin lagi.

Aku sdh duduk menunggu Abang almarhumah.Ditemani teh Rini dgn secangkir kopi.Aku tak byk berbicara.Ibu warungpun tak membahas apapun yg terjd pada diriku sblm2nya.Abang akhirnya datang.Teh Rini menceritakan semua.Betul kata Paman,dia tersinggung.Aku dibilang mengada2.Tapi tak berapa lama,teh Rini menangis dan berkata2 seperti almarhumah."Aa...tolongin saya..saya sedih..khawatir sama anak2..ga ada yg ngurusin..aa bantu saya..saya disini tersiksa...saya cmn minta dikirimin doa".

Barulah abang percaya dan berjanji pada yang mengakunya almarhumah itu"Iya insyaallah aa bicarain sama keluarga lagi ya..soal anak2..jangan khawatir..mereka aa yg urus ko..kamu tenang aja..kamu hrs ikhlasin karena aa juga ikhlas ko..maafin aa sama keluarga selama ini ga bisa bantu kamu semasa hidup...."diapun menangis.Akupun menangis sedih."Kalo gitu aku pamit...makasi buat imoe juga..maaf ya..aku ganggu kamu terus..makasi aa jagain anak2 aku ya..".Bulu kudukku merinding tiada henti.Teh Rinipun terkulai lemas.

Disaat teh Rini normal lagi,Abang mulai cerita."Sebenernya percaya ga percaya ya teh..tp saya juga jadi ga enak sama kalian.Tapi memang beberapa waktu lalu,saya juga sempet didatangin.Disaat saya menyiapkan dagangan pagi2 buta,ada yang lewat sekelebat bgitu,ga jarang juga ada yg nangis didpn rumah.Memang keluarga rencananya pas 40hari ini mau ngadain pengajian.mdh2an almarhumah bisa ikhlas,karena memang anak2nya sama saya skr".

Aku mulai bisa bernafas lega.Tapi masalah aku ternyata kini berubah.Sesaat aku pulang ke rmh teh Wawa,aku mendengar pembicaraan teh Wawa dan suami.Intinya mereka lama kelamaan merasa terbebani dgn keberadaan aku dirmhnya.Aku sedih sekali.Padahal selama disana akupun mengeluarkan uang untuk makan dan yg lain2nya.Sampai akhirnya aku memutuskan setelah gajian nanti aku mau pindah ke rmh temen aku yang berada di jln.tamim,pasar baru.Aku ga berani pulang.Aku trauma.Disinilah dimulai perjalanan hidup aku yg no madden.Karena aku mengalami traumatic syndrom.

Sebelum pamit pergi aku datang ke tamim pulang kerja.Minta ijin,apakah temenku itu mau menampung aku yang jujur tak tau harus kemana.Sebut saja namanya teh Wulan.Dia teman terbaik selama ini sdh aku anggap kaka sendiri.Sudah berkeluarga punya anak dua.Sebenernya teh Wulan juga lagi "sakit".Selama ini bercerita resign dr tempat kerja krn sakit2an.Tapi ternyata bukan sakit biasa.Dia diguna2 orang.Katanya orang yg mengalami hal seperti ini,akan lebih sensitif.

Singkat cerita,malam itu aku datang kerumahnya.Ketika aku masuk,teh Wulan seperti bukan melihat aku.(ini setelah diceritakan sesdhnya ya sama dia..).Yang dia liat sosok wanita berambut sebahu acak2an.Wajah aku seperti darah membeku.Biru.Kebetulan diruang tamu itu ada dua sangkar burung yg sdh ditutup kain.Tiba2 burung itu riuh.Sangkarnya pun bergoyang2 sampai makanannya berhamburan jatuh kelantai.

"Assalamualaikum teh...".salamku.Teh Wulan hanya diam beberapa saat.Lalu tak berapa lama menjawab "waalaikum salam...imoe...sama siapa?".aku sempet bengong."Sendiri aja teh...aku kesini mau bahas yg di WA kmrn teh.."Teh Wulan menyuruh aku duduk.Tidak seperti biasanya,kita duduk berdekatan.Tapi kali ini teh Wulan enggan.Sedikit menjauh.Tangnnya tak berhenti2 mengusap pergelangan tangannya.Seperti kedinginan.Padahal katanya bulu kuduk dia merinding tak berhenti.

"Iya aku dah ngobrol sama suami..ada kamar kosong diatas 4,tapi yang dua itu ga bs ditempatin krn kalo kakak2 dtg dr luar kota dipake buat istirahat jd ada barang2 pribadinya.Satu lagi kamar adik teteh.Paling dikamar anak teteh gpp?Sekalian nemenin dia.Dia suka ketakutan sendiri diatas."Aku bahagia.Akhirnya punya tempat.Malam itu juga aku bawa barang2 aku dr rumah teh Wawa setelah membayar uang itung2 aku sewa disana.

Kamarnya menghadap keluar.Sedikit lembab mgk memang jarang ditempatin.Ada dua kasur disana.Satu untuk aku.Satu untuk Ndo,anaknya yang masih SD.Sesaat tiba,aku disuruh makan.Lagi2 teh Wulan menyodorkan makanan itu seperti takut kepadaku."Kenapa teh?"tanyaku penasaran."Eng...engga apa2 ko..sok makan dulu kamu..pasti laper pindahan malem2 gini".Tapi aku makan sedikit.Aku ingin membereskan barang2ku dulu.Sesdh beres aku mau solat."Teh,kalo kiblat kemana?"tanyaku.Teh Wulan bilang menghadap kesamping pintu.Akupun solat.Entah kenapa,disaat solat badanku malah merinding hebat.Aku berpikir apakah ini terjd lagi.Ketika aku bangun dr sujud pertamaku,astagfirullah.Aku melihat sesuatu.Aku melihat sesosok entah pria atau wanita yang berjongkok menyamping dgn pakaian coklat lusuh.Rambutnya panjang menjuntai dan menutupi sebagian mukanya.Tapi aku bisa liat sorot matanya tajam melirik ke arahku.Ada satu percakapan tersirat dlm batinku."Kamu siapa?"tanyaku dlm hati.Dia hanya menjawab "Kamu ga akan tau saya siapa..."dan aku cepat2 sujud kembali dgn bacaan solatku yg berantakan.Saat aku bangun lagi sosok itu sdh hilang.

Aku tak menceritakan awal disana seperti apa dgn teh Wulan.Aku bekerja seperti biasa.Teh Wulan baik bgt orangnya.(semoga Allah membalas kebaikan teteh ya🤗).Hari pertama itu aku seperti linglung.Aku membawa motorku dengan niatan ke arah Dago.Jalur jalan yg hrs dilewati sebetulnya ke arah jendral sudirman,belok ke 23 paskal,lalu ke arah flyover Balubur.Tapi hari itu aku membawa motorku ke jalan ABC,tembus ke Braga,lalu ke arah Via Duct,terus ke BIP merdeka hingga lurus ke Gor saparua,muter ke arah jln Banda,lalu mampir kejalan cilaki,keluar di Gasibu,lanjut ke arah dukomsel.Aku sendiri merasa yang bawa motor bukan aku.

Tiba disana,aku mulai biasa.Terkendali.Pas jam istirahat,aku diajak Teh Rika makan di gardu listrik itu lagi.Aku agak takut juga si..tapi aku hrs buang sugesti aku.Tiba2 teh Rika bercerita.Sepulang ngobatin aku,anaknya yg bungsu sakit demam.Sambil bilang "Bu..kaki aku sakit..kaki aku sakit...".padahal kakinya ga kenapa2.Dibawa ke pamannya ternyata jin itu yg ganggu.Aku jd ga enak.Pamannya bilang kalau jin itu sbnrnya masih ada.

Aku hy berdoa semoga teman2ku yg bantu aku dlm lindungan Allah swt.Tak berapa lama teh Mirna juga cerita.Suatu malam,dia sedang nyetrika baju ditemenin anaknya yg indigo berumur sekitar 10th."Bu...temen ibu kasian ya...".katanya.Teh Mirna heran ko tiba2 anaknya ngomong bgitu.Temen yang mana pikirnya."seakan membaca pikiran ibunya,dia ngomong lagi."iya temen ibu..itu ateu imoe..kasian..dia diikutin terus sama perempuan.Perempuannya jahat".Seketika Teh Mirna merinding sekujur tubuh.Beberapa detik kemudian ada angin semilir menerpa wajahnya dr arah pintu ruang tamu yg sengaja dibuka karena gerah."Ade ngomong apaan si..sembarangan ah.."Teh Mirna mencoba tenang.Tapi anaknya malah ngomong gini "ah ibu...ibu yang ngomong apaan..ga jelas deh..ngomong sendirian..".Teh Mirna bengong.Cepat2 dia menutup pintu.Saat akan menutup,dia merasa ada yg berdiri disana.Lalu diapun tinggalkan setrikaannya dan mengajak anaknya tidur."Ibu kenapa si ko kayak yg ketakutan gitu....".

Aku semakin mejd pendiam.Merasa ini semua gara2 aku.Aku jd senang menyendiri agar tdk ada org yg dirugikan akan diriku.Aku sepertinya harus berjuang sendiri.Karena teman2ku satu persatu menjauh.Aku mulai menghindar.Apalgi diantara mereka mulai menyindir dan membahas soal kebaikan mereka yg nolongin aku.Hanya satu yg masih bisa menjaga perasaanku,Teh Rini.Tapi bersama dia aku jd tdk nyaman.Setiap pergi,entah ngopi dimana dia sll bercerita apa yang dilihatnya.

"Moe tau ga...itu ada yg lagi liat2 sebelah muka kamu.Cewe rambut panjang.Penunggu disini.Tapi dia cmn penasaran ko...".Sebelum berbicara begitu aku merasakan area wajahku yg disebutkan tadi itu dingiiiiiiiin sekali."Moe..ada kake2..mukanya ngeri..dia ngikutin kamu dari tadi..emg kamu td abis dr mana?".Semua itu membuat aku jengah.Tapi aku jujur sama teh Rini,aku ga suka.Tapi dia ga tersinggung.Justru malah nyuruh aku berobat lagi kelain orang.

Akhirnya aku diajak berobat ke pak haji orang pintar yg terkenal di daerah cijerah.Sebelumnya Hujan lebat tak berenti.Padahal ini sdh sering direncanakan tapi gagal terus.Akhirnya dgn memakai taksi kami berdua kesana.Rumah yg cukup besar berornamen serba keemasan.

Saat masuk rumah itu,ruang tamu yg cukup besar dengan kursi2 yang berderet melingkar.Didepannya meja2 penuh dengan makanan dan minuman.Seperti sdh ada byk tamu yg berkunjung disana.

singkat cerita,pak haji ini aku bilang si dia sombong.Dari awal aku dtg dia tdk fokus mendengarkan keluh kesahku.Malah belum selesaipun,dipotongnya curhatan aku."Gini aja neng,Bapak mah bisa apa saja..tinggal neng maunya apa.Tadi juga baru dtg pasien dr australia..minta istrinya dikerjain sama bapak..pengen nikah lagi..gampang..tinggal berapa bayarannya..krn toh yg ngerjain mah bukan bapak..ada nih tinggal nyuruh aja kirim kesana.Jadi paling klo kamu mau sembuh sediain aja mahar.Untuk kamu mahar ga gede ko cmn 758.000"

Aku tertegun.Pakaiannya yg aku lihat seperti pak haji.Ustad.Tapi ko kayak gini ya..ditambah dr cara dia duduk dengan mengangkat kaki satu disaat ada tamu..kayaknya ga sopan deh.Begitu pikirku dlm hati.Akupun penasaran uang segitu buat apa aja."Neng..ngerjain kayak gini tu butuh modal.uang segitu bukan buat bapak.Ada buat ambil tanah dr cirebon,aer diambil dr mata air asli,belum minyak ini mahal harganya...".Telinga aku mendadak budek.Aku ga denger apa kelanjutannya.Seingat aku si aku berkata "Pak saya ini kerja gaji itu sebagian buat bayar cicilan motor dan sewa tempat tinggal,walopun saya numpang tp saya ga mau hidup gratisan.Uang segitu berharga buat saya.Tapi pgn sembuh.Mgk saya pikir2 dulu ya pak...."

Aku tak tertarik.Aku merasa tak sehati.Akupun minta maaf sama teh Rini kalo aku sepertinya ga suka sama Pak Haji ini.Tapi teh Rini cukup maklumin.Hari berlalu akhirnya sekarang teh Lina yang ngajak aku ke guru spiritualnya.Ditemani masih dengan teh Rini aku dibawa ke Dago.Ke rumah Kang Dian(samaran).Dia ustad dengan casing anak preman.Karena dia itu aktivis membantu anak2 jalanan keluar dr narkoba.Setiba disana,dia mendengarkan asal muasal aku bgini.Diapun bilang itu hanya sugesti aku saja.Tidak ada yang perlu dibahas krn memang tidak ada.Aku hanya sedang depresi dan berhalusinasi.

Tapi ga berapa lama...akupun mulai merasakan lagi...kesurupan.Aku ingat betul,aku duduk didepan sebuah lukisan harimau.Disisi lukisan itu ada guci emas.Didlmnya byk barang keramat seperti samurai,pedang,keris.Semenjak duduk disana punggung aku panas dr atas kebawah.Ketika Kang Dian berasumsi aku hy setress akupun tak kontrol.Menangis sejadi2nya.Tapi Kang Dian bersikukuh,itu adalah halusinasi aku sendiri.