Keluarga Tak Kasat Mata PART 2

Mematung Sepi


Sesosok lansia, wajahnya pucat sekali, matanya agak ada kerutan hitam, menggunakan mukena, sedang melakukan sesuatu di dapur. Sesekali dia menoleh ke kita dan tersenyum kecil sambil mengangguk. Badan ane rasanya lemes banget, sumpah seumur hidup ane baru liat penampakan sengeri ini. Entah dia manusia lagi numpang sholat aja, penghuni baik atau apalah, raut mukanya bikin ane terngiang-ngiang lagi akan kejadian waktu itu. Seakan dia meminta ijin untuk terus mengerjakan sesuatu di dapur tadi. Sontak nafsu makan kami langsung hilang, kita semua langsung nyerbu kasur dan pelukan satu sama lain sambil menggerutu penampakan barusan. Sesekali ane tengok sembunyi-sembunyi, ada langkah kaki bolak-bolak di depan ruangan ane. Ane yakin ini kaki si nenek, soalnya kami liat dengan jelas banget ada kain menjulur putih dan jalannya pelan banget. Kami tunggu sampai langkah kaki itu hilang dan dipastikan ga bakalan balik lagi, sekitaran 15 menitan lah ya pemandangan itu hilang & kami agak lega. Satu persatu mulai duduk tapi ga ada yang berani ngeliat ke jendela, duduk ngelingkar sambil nyalain rokok. Frustasi semua ga ada yang bisa tidur. Sumpah ane kalo liat muka si nenek tadi, jahat ya enggak tapi gatau kenapa bisa ngeri banget. Kami saling tidak percaya akan penampakan tadi. Kita masih ngerasa yakin kalo si nenek ini warga yang mungkin Cuma numpang sholat. Tapi sholat apaan ya jam 2 pagi gini? Kami pun langsung teriak manggil-manggil Mas Ompong & Mas Sukma, siapa tau emang tadi ada warga yang masuk atau apalah. Eh.. Belum selesai ngisep sebatang, belum sempet teriak manggil mereka, tiba-tiba dari jendela kepala nenek bermukena tadi nyelip masuk dengan cepatnya & terlontar kata Kula Pinarak Rumiyin Nggih dari mulutnya dengan aksen Jawa Krama Alus (read : Saya Mampir Sebentar Ya!!!)