My Real Story "Rumah Komplek



Waktu kecil ane tinggal di komplek perumahan TNI secara bokap ane TNI, disini kisah dimulai, ane merasa kalo tinggal disini ada yang salah, pertama kali pindah kesini ane gak nyaman, posisi rumah ane pintu tusuk sate, depan rumah ane ada pohon tepatnya pohon tetangga ada pohon mangga guedeee banget 2 biji. Hmmm sedikit denger desas desus kalo komplek itu sedikit spooky. Suatu hari rumah ane di bongkar karena keadaannya udah gak layak pakai, ane dan warga disana pun di ungsikan ke barak TNI yang masih bujang - bujang kalo udah berkeluarga dapet asrama atau perumahan tapi dengan catatan kalo udah pensiun atau punya rumah sendiri harus pindah. Ane kecil kayak anak - anak biasa suka main pecicilan gak bisa diem, tapi ane suka di bully.

Pagi - pagi waktu itu umur ane kurang lebih 5 tahun, bokap dines nyokap lagi persit (ibu - ibu TNI) ane mau berangkat sekolah, ane berasa ini kayak mimpi, deket tempat atau rumah sementara yang ane tinggalin ada pintu tembus ke barak TNI yang kosong, pas ane keluar rumah mau nyamperin nyokap, gak tau ada angin dari mana pintu tembusan itu ke buka sendiri "Brakkkk!!!" ane syok, terus ada bola kaki gelinding ke arah ane 9emang di ruangan itu ane pernah liat banyak banget peralatan olah raga), ane mainin lah tuh bolanya ane tendang - tendangin, nah ini dia ane gak sadar ane masuk ruangan barak yang sepi itu, ane berhenti mainin bolanya saat ane liat kebawah ada kaki item gede, ane waktu kecil gak tau kalo itu genderuwo, ane dangak tuh genderuwo liatin ane matanya merah, dulu ane pikir itu om - om TNI yang lagi sakit, you know lah genderuwo itu gimana? Hitam, tinggi besar, mata merah dan banyak bulunya. Tuh genderuwo nyuruh ane balik ke rumah ane dengan kode tangan nyuruh pergi, yaudah deh ane balik, akhirnya pas balik ane mau tutup pintu rumah, baru mau tutup kok ada bocah rambutnya panjang mukanya ancur di dalam rumah ane, ane yang gak tau apa - apa waktu itu nyamperin itu bocah "Eh kamu ngapain disini? ini rumah aku, kamu sana pergi" belum selesai ngomong nyokap sama adek ane yang masih bayi dateng, trus nyokap nanya " Kamu ngomong sama siapa?" ane nengok ke nyokap ane mau kasih tau kalo ane lagi ngomong sama anak kecil, eh pas ane mau bilang bocahnya udah gak ada, alhasil nyokap bilang ane tukang khayal, pas ane disuruh berangkat sekolah (TK) bocah itu kepalanya nongol lagi di jendela rumah dan ane teriak "Ibu.... itu bu anak kecil yang tadi!!!" trus kata nyokap ane gak boleh banyak ngayal trus disuruh berangkat.

Gak ada satu pun sama ane yang percaya kalo ane sering di gangguin, makanya selama ini ane selalu keep silent dan cerita cuma sama orang yang bisa ane percaya, oke balik ke masa kecil dimana ane disuruh berangkat sekolah sama nyokap, karena jarak sekolah ane deket dari rumah makanya ane dibiarin jalan sendiri, jalan menuju sekolah pun gak kalah serem, meski masih bersebelahan sama komplek rumah ane, tapi jalan itu ada sumur tua plus pohon rindang yang gede - gede banget, ane sambil inget inget kejadian - kejadian mistis yang menimpa ane pada saat itu. Ane bocah yang dari kecil hobi banget nyanyi, sambil jalan menuju sekolah ane nyanyi bintang kecil, ane anak yang dikatakan cukup berani, karena temen - temen seusia ane gak ada yang berani lewat jalan ini menuju sekolah, mereka selalu di anter orang tuanya kalo enggak jalan rame - rame, mungkin waktu itu ane cukup apes, karena lagi asyik nyanyi lagu anak - anak ada yang ikut ane nyanyi tapi cuma bersenandung, ane nulis kayak gini juga sedikit merinding, karena kayaknya ane di samperin. Oke, karena ane rasa keingin tahuannya cukup tinggi, ane cari itu sumber suara, tapi anehnya semakin ane cari suaranya ilang, pas ane bodo amat mau jalan lanjut ke sekolah karena udah hampir deket, suaranya makin lama makin keras, jadilah ane kesel sendiri, yaudah lah ane bodo amat, pas mau melangkah lagi ada yang sebut nama ane suara anak kecil, ane terpaku tadi nyanyi sekarang manggil nama, karena pada waktu itu ane masih polos ane nengok ke belakang gak ada siapa - siapa, pas ane nengok depan, ane kaget setengah mampus dan jerit sekeras kerasnya mungkin karena kaget liat cewek pake kerudung warna putih dan baju gamis, tapi jeritan ane berhenti karena ternyata itu guru TK ane, guru ane nanya kenapa dari tadi ane kayak orang bingung, ane gak berani jawab atas ke anehan ini, akhirnya ane bilang, kalo ane lagi cari kecapi jatoh.

- Pulang ke rumah 
Ane balik kerumah, di rumah sementara yang kecil pake banget itu semua jadi satu ruangan ya tempat tidur, ruang tamu sama dapur, capcus lah ane disuruh makan sama nyokap, nah waktu ane makan, walau bokap TNI doi sampingannya ojek pangkalan, ane sedikit - sedikit inget saat itu sambil makan ane denger bokap cerita ke nyokap kalo kemarin malem waktu pulang ngojek bokap di lempar entah pake besi atau batu bata arahnya dari barak sebelah ane tinggal, trus nyokap ngelirik ke bokap kalo jangan cerita pas ada gw. Bokap gw langsung diem dan gak cerita aneh - aneh lagi.
Habis makan ane ngeluyur main, nyokap udah pesen jangan main ke rumah yang lagi dibongkar, ya namanya bocah main lah tuh kesana sama temen - temen, main air, timpuk - timpukan pasir, ya kenakalan anak kecil lah, jujur ane dari kecil selalu di ketusin orang tapi udah biasa sih. Kesannya ane yang ngajak bandel tiap main ada ane, ane selalu kena omel sama ibu - ibu katanya ane suka rusuh. Kalo ngadu ke nyokap, pasti ane yang di marahin "Kamu kali yang bandel," ah tapi ya sudahlah. Pas lagi asyik - asyik main, nyokap ane nyamperin ane bawa sapu, nyokap ane marah karena ane main ke rumah yang lagi di renovasi, ane disuruh pulang buat tidur siang, ane tidur siang dah tuh sampe sore, ane di bangunin karena ane sore harus ke TPA (Taman Pelajar Alquran) kalo bahasa awamnya ane ngaji, ini dia pas di kamar mandi, kamar mandinya itu terdri dari 2 sisi kanan dan kiri bentuknya persegi panjang, kalo tingginya ane gak tau berapa meter, ane mandi sama nyokap di bak sebelah kiri, di bak sebelah kanan ada tangan kayak orang lagi tenggelem melambai - lambai, ane bilang ke nyokap "Bu itu bak sebelah kanan ada tangan orang masa," di cek lah sama nyokap gak ada siapa - siapa, lagi dan lagi gw dikatain tukang ngibul, akhirnya gw dan nyokap lanjut di mandiin, pas lagi lanjut giliran kepalanya muncul di permukaan air, dengan penasaran gw mau pindah ke bak sebelah kanan, tapi sama nyokap di cegah karena menurut beliau gak penting. So... habis mandi gw langsung berangkat ke TPA dan masih bingung itu siapa?
 
Kisah nyata yang gw alamin semasa kecil bahkan boleh dibilang sisanya masih ada sampe sekarang. Karena udah lama, jadi sambil mengingat - ingat, waktu itu rumah gw yang di bongkar udah selesai di perbaiki, dan kita semua pindah kesana, gw kurang suka tinggal di komplek karena anak - anaknya bandel, pernah gw lagi ngaji di takut - takutin kalo bakal ada nenek - nenek hidung panjang ngikutin gw sampe rumah, emang gw percaya sih kalo karma itu ada, komplek rumah gw spookynya pada jaman dahulu kala seremnya minta ampun , yang nakut2in gw jalan pulang habis selesai ngaji dan selesai sholat magrib, eh tuh bocah di timpuk pake jambu mentah samping rumah tetangga, pas liat siapa yang nimpuk 1 komplek pada hebring, gw yang waktu masih kecil banget belum ngerti apa - apa cuma bisa kasian, tapi pas udah gede gw malah pengen liat dia di kerjain setan yang lebih ekstrim, karena anak tersebut diem - diem bandel, pernah suatu hari karena saking resehnya sama gw, anak itu gw jorokin dan gw pukulin pake tasbih sampe lecet lehernya (soalnya gw lagi sholat trus di gangguin, ya gw anggap dia setan kecil).

Rumah baru siap dibersihin, gw pikir gangguan yang gw alamin berkurang, ternyata enggak... mereka makin seneng kayaknya gangguin gw and tetangga gw. Gw di ajak bokap sore - sore bersihin rumah baru dan itu menjelang magrib, nyokap udah pesen jangan bawa anaknya menjelang magrib, sampe dirumah komple yang baru aja selesai di renovasi bokap mulai pasang selan, air mengalir dari selang dan gw disuruh megangin, kepegelan megang selang akhirnya gw ikutan nyikat lantai, tau gak pemirsa? selangnya gerak - gerak sendiri, gw mau teriak tapi takut dimarahin bokap akhirnya gw intilin bokap, eh beliau sewot gw ikutin "kamu ngapain sih ngikutin bapak terus? bapak mau bersihin jendela, sana ambil selangnya," . Disini gw mulai cemas takut kalo gw ambil setannya marah, dengan keselnya ke bokap akhirnya gw jawab "Bapak aja sendiri, aku mau pulang capek!!!" pulanglah gw ke barak TNI, tempat tinggal gw sementara. Adzan magrib berkumandang di pintu ada yang ketok - ketok, pas gw buka gak ada orang, oke di ketuk lagi pintunya gw buka lagi gak ada, dan yang terakhir gw buka pintu bokap berdiri di depan pintu dengan muka super pucet dan dia sadar "Pantes kamu disuruh ambil selang gak mau dan kamu ngambek, ternyata kamu di ganggin ya?" gw cuma bisa nunduk sambil jawab "iya, tapi aku gak berani bilang sama bapak takut bapak marah dan gak percaya,"


Nyokap tanya ke bokap apa yang terjadi dan bokap bilang selepas gw pergi, semua baik - baik aja, sampe selesai bersihin jendela trus semua masih baik - baik aja selepas magrib datang, orang - orang juga rame bersihin rumah, tapi... semua gak baik - baik aja pas bokap mau ngambil selang buat nyiram jendela, bokap baru sadar kalo listrik nyala selama kira - kira 45 menita, pas mau ambil selang beliau jongkok pas bangun, tara... di depannya ada orang badan gede, buluan lebat dan item kepalanya kambing, bokap sedikit berani dan langsung cabut colokan trus tancap gas alias lari buru - buru tutup pintu dan pulang kerumah sementara. Di jalan bokap jalan demga terburu - buru, sampe ketemu temennya pun di jalan dia gak nyapa mungkin disangka setan kali ya. Pas sampe depan rumah pun liat tetangga lagi depan lagi asyik nontoin tv, biasanya bokap negur ini enggak, trus ngetok rumah waktu itu gak nyantai banget. FYI, ketika gw kelas 1 SMP di barak tempat dulu gw tinggal ada kuli bangunan kesurupan dan susah banget disembuhin, sebabnya karena buang air kecil gak numpang - numpang.