Pengalaman Mistis di Jogja PART 2


CERITA MASKAM part 1

Ternyata, biarpun kos oren ini suasananya rada serem, ternyata ane betah-betah aja gan tinggal disitu. Selain emang males nyari kos baru dan deket sama masjid, Mas Adi sama Mas Gani ni orangnya emang baik gan. Kaga songong kayak sebagian senior. However, cerita ane kali ini bukan kejadian di kos. Tapi di masjid kampus.
====================

 
Masjid kampus(maskam) ane ini biasa aja sih. Ga besar-besar banget. Tapi dibagian belakang masjid ada ruangan panjang dua pintu(depan belakang) yang ditinggalin sama mahasiswa-mahasiswa pengurus masjid. Ane juga pengurus masjid sih, tapi ane orangnya lebih suka ketenangan dan kaga suka tinggal seruangan bareng orang banyak. Makanya ane milih ngekos.

Di maskam kami ini ada wifi gratis nya. Dibiayai kampus tentunya.
Jadi seringkali, pengurus-pengurus masjid yang lagi bokek kaga mampu ke warnet, ya mau gamau ngenetnya di maskam. Lemot banget jelas. Nah, spot paling banter koneksinya ini malah di pintu belakang kamar pengurus maskam.
=================

Suatu sore yang bokek, ane wifian di pintu belakang kamar maskam. Ane nongkrong di pintunya gan. Diseberang pintu ini lapangan rumput terbuka kecil. Sekalian ngadem maksudnya. Toh ga ada yang lewat pintu ini juga, pikir ane.

Waktu itu di kamar maskam ini ada 4 orang termasuk ane gan. Pas menjelang magrib, salah satu temen ane keluar buat adzan. Nah, temen-temen ane yang lain ngambil air wudhu. Habis matiin leptop, ane mau berdiri, terus ngangkat kepala. Nah, seremnya, lapangan rumput di depan ane ini kaga ada gan. Hitam semua. Jadi kayak ada yang ngehalangin pandangan ane. Kejadian ini terjadi beberapa detik. Sekita 10detik an. Sekejap ane ngiranya ane buta gan Tapi ane masih bisa ngeliat bagian dalam ruangan kamar maskam.

Pas ane noleh ke arah lapangan rumput lagi, bayangan hitam ini kek menyingkir gitu. Trus ngilang aja. Jadi kayak bayangan hitam ini sesuatu yang berdiri diantara ane sama lapangan rumput. Tapi kaga ada bentuknya. Ya cuman hitam lebar aja.

Akhirnya, dengan segala keparnoan, ane buru-buru ngambil air wudhu buat solat.




CERITA MASKAM part 2

Sebenernya ada beberapa lagi cerita yang rada serem dialamin sama temen-temen ane sesama pengurus masjid yang emang tinggal di maskam.

Salah seorang temen ane, sebut aja namanya Alfi, pernah cerita sama ane soal pengalamannya di suatu subuh di maskam.

Suatu hari, kamar masjid lagi penuh sesak gara-gara banyak yang nginep. Alhasil, Alfi milih tidur di teras luar maskam. Nah, pas menjelang subuh, Alfi ini ngerasa ada yang goyang-goyang badannya gan. Setengah sadar, dia ngiranya ini gempa dan cepetan duduk. Nah habis dia duduk, ternyata dipangkuan dia ada orang semacam anak kecil(?) berkulit item dan ga bermuka, tapi ada mulutnya, lagi ketawa-ketawa cekikan sambil bilang "Tangi! Tangi! Adzan sik kono!" . Terus anak ini lompat dari pangkuan si Alfi, terus ngilang. Wush gitu aja. Alfi cuma mangap aja.

Terang aja ane ngiranya si Alfi ini palingan mimpi. Tapi doi berani sumpah sumpah gitu gan. Dan ane cukup kenal sama si Alfi ini. Jadi ane juga ragu kalo doi boong.
================

Ada juga cerita soal tetesan air wangi di parkiran masjid.
Ini yang ngalamin temen ane namanya Ofan. Dan ane ada disebelahnya pas kejadian ini. Jadi ane yakin doi kaga boong. Gini ceritanya.

Malem itu ane sama Ofan lagi ngobrol di parkiran masjid. Ane sama Ofan sama-sama mau pulang pengajian rutin. Nah, pas kita berdua lagi ngobrol, tiba-tiba Ofan kek kaget gitu, terus nyapu(ngelap) bahunya. Ofan beberapa kali ngelap bahunya di posisi yang berbeda. Jadi kayak ada beberapa kali tetesan gitu.

Ane: "Opo o e bro?"
Ofan: "Mbuh iki opo. Koyok onok banyu netes-netes."
Ane: "Cecek nelek paling o. Wkwkwk"
Ofan: "Asyemik"

Olok-olok ane tadi sukses ngebikin Ofan refleks nyium tangannya yang habis dipake ngelap bahunya yang rada basah.

Ofan: "Orak ik. Dudu telek cecek iki. Ambune lo wangi. Ambuen ta" *nyorongin tangan yang dipake ngelap ke idung ane*
Ane: *mundur dikit ngira itu bau pup cecak* "Asyem ojo gojek kere ngene bro"
Ofan: "Ga meenn.. Tenane ambuen tah" *nyorongin lagi*

Nah, samar-samar dari tangan Ofan ane emang nyium bau wangi banget gan. Baunya sih ga mistis. Kek parfum gitu. Tapi tajem banget.
Trus kita ngecek atap parkiran. Ga ada rembesan apa-apa gan. Ga ada cecak atau air netes. Tapi bercak tetesan di bahu Ofan emang ada beberapa tetes.
======================

Beberapa spot di maskam ini juga kadang ada wangi tajem banget. Bukan wangi mistis. Tapi kek wangi parfum gitu. Dan tempatnya pindah-pindah gan. Seringnya di tempat-tempat yang ga jelas gitu. Di tempat-tempat yang ga ada benda wanginya. Kadang di tempat sampah, kadang di dinding parkiran. Kadang di tiang masjid.
Yang ngalamin juga bukan cuma ane aja gan. Banyak temen ane sesama pengurus masjid juga nyium aroma wangi ini. Tapi ya kita cuek-cuek aja.


ilustrasi gbr :